Resep soto ayam kuah bening paling mantap

soto ayam kuah bening. Soto merupakan masakan khas asli Indonesia yang cukup terkenal dan paling banyak di gemari hingga saat ini. Masakan yang termasuk dalam kategori resep masakan indonesia ini selain enak rasanya juga cukup mudah membuatnya. Salah satu soto yang paling pas dan bisa dikonsumsi oleh semua golongan usia yakni resep soto ayam dengan kuah bening.

soto ayam kuah bening


Cara membuat soto ayam ini cukup sederhana dan mudah bahkan hanya menggunakan bahan bahan yang gampang di cari dan juga murah harganya. Yang paling mahal tentu hanya daging ayamnya saja, sedang bahan dan bumbu lainnya merupakan bahan bahan yang mudah di dapatkan. Yuk mencoba sendiri resep mie ayam spesial

Indonesia merupakan salah satu negara di asia yang paling banyak mempunyai resep resep masakan yang enak dan lezat, dan salah satunya yakni resep soto ayam yang cukup banyak jumlahnya. Dan yang membuat kita bangga adalah hampir setiap daerah mempunyai resep soto masing masing yang khas daerah mereka.

Saat ini kita mengenal berbagai macam resep soto khas dan asli yakni : resep soto lamongan yang cukup terkenal dengan taburan poya. Soto ayam kudus yang mampu menghadirkan cita rasa khas daerah jawa. Tidak lupa dengan resep soto santan yang mampu menyuguhkan dengan kuah kentalnya. Bagi daerah luar jawa kita mengenal resep soto banjar yang khas banjarmasin.

Meskipun demikian diantara resep resep soto di atas, hanya masakan soto ayam kuah bening yang paling cocok untuk semua golongan. Selain enak rasanya juga segar kuahnya dan kelebihannya yaitu bisa juga dikonsumsi untuk balita, tentunya tergantung anda cara membumbuinya. Seperti diketahui bahwa santan kelapa terbukti tidak cocok untuk semua orang, sehingga dengan memasak soto kuah bening, tentunya bisa di terima oleh satu keluarga anda.

Resep soto kuah bening

Bahan utama

1 ekor ayam ukuran sedang
Air bersih paling tidak sekitar 2 liter

Bumbu halus
  •     6 bawang putih
  •     3 bawang merah
  •     1 ruas jari kunyit
  •     1ruas jari jahe
  •     5 kemiri
  •     ½ sdt merica
  •     2 sdt garam
Bumbu lainnya
  •     1 ruas lengkuas
  •     3 lembar daun jeruk purut
  •     2 batang serai
  •     3 lembar daun salam
  •     penyedap rasa secukupnya
Bahan bahan pelengkap ( optional )

    200 gr Kol, diiris tipis dan memanjang
    200 gr tauge, siram dengan air panas agar layu
    50 gr soun, rendam dengan air panas agar layu
    3 butir telur, direbus sampai matang
    2 buah tomat, diiris menjadi 4 bagian
    3 batang daun bawang, dipotong-potong pendek
    Bawang goreng secukupnya (digunakan untuk taburan)

Cara membuatnya
  1.  Tumis semua bumbu yang sudah dihaluskan. Gunakan api yang kecil. Tumis hingga tercium bau harum
  2.  Masukkan daging ayam dalam panci, lalu masukkan bumbu soto diatas
  3.  Tambahkan lengkuas, daun jeruk, daun serai dan daun salam. Masak selama 30 menit atau sampai daging ayam menjadi empuk. Angkat daging ayamnya saja, lalu sisihkan
  4.  Cicipi dan sesuaikan rasa kuah soto tersebut sampai mendapatkan rasa yang paling lezat menurut Anda. Atur jumlah garam, penyedap dan merica bubuk. Sampai di sini proses membuat kuah bening sudah selesai
  5.  Ambil daging ayam, lalu pisahkan bagian tulang dan daging ayam, lalu disuwir-suwir. Gunakan pisa atau garpu untuk mempermudahnya.
  6.  Masukkan kembali tulang ayam ke dalam kuah soto
  7.  Terakhir, tambahkan daun bawang lalu angkat
  8.  Sampai disini membuat masakan soto ayam sudah selesai.
Selanjutnya anda tinggal membuat sambal soto ayam dengan bahan bahan bawang putih dan cabe rawit merah. Dan untuk putra putri anda ya jangan pakai sambal ya. Sebaiknya belajar juga cara membuat kue basah tradisional yang enak enak. Atau bunda ingin mempelajari olahan fillet ayam yang lebih lezat rasanya.